Tips Cara Memulai Bisnis Yang Baik Terbaru 2016

Cara Memulai Bisnis – Memulai bisnis bukanlah sebuah perkara yang mudah, jadi pastikan anda mengetahui cara memulai bisnis yang baik. Yang perlu anda sadari yakni bisnis tidak harus bernilai jutaan maupun miliyaran. Jadi jangan terpaku dengan modal yang anda punya, namun juga jangan melupakan modal ketika anda hendak memulai sebuah bisnis. Sebagai contoh yakni Mark Zuckenberg, seorang pendiri dan CEO Facebook. Dulunya ia hanyalah seorang mahasiswa biasa yang kemudian DO. Tanpa banyak modal ia memulai membuat atau mendirikan Facebook dari nol sampai sekarang bernilai trilyun’nan rupiah. Tentu cara memulai bisnis Mark Zuckenberg dengan bisnis lainnya berbeda karena setiap bisnis mempunyai karakteristik yang berbeda pula. Namun intinya dalam memulai sebuah bisnis, baik bisnis kecil menengah ataupun bisnis besar pasti ada tahapan-tahapan yang akan anda lalui.

Cara Memulai Bisnis

cara-memulai-bisnis
Sebelum memulai bisnis ada baiknya anda mempelajari terlebih dulu bisnis yang akan anda kembangkan tersebut. Jangan pernah memulai bisnis tanpa punya sedikit’pun pengetahuan tentang bisnis tersebut, jika anda melakukannya tanpa punya pengetahuan maka resiko gagal akan semakin tinggi. Selain itu anda juga harus bisa memprediksi apakah bisnis yang akan anda kembangkan tersebut kedepannya dapat berjalan dengan baik, anda dapat melihat dari kesulitan bisnis dan juga tempat anda membangun bisnis. Baiklah tanpapanjang lebar lagi, berikut ini saya berikan beberapa tips cara memulai bisnis yang baik.

1. Kembangkan bisnis sesuai hobi
Tentu akan ada keuntungan apabila anda mengembangkan bisnis sesuai hobi. Salah satunya yakni anda akan lebih senang dalam membangun bisnis tersebut. Selain itu tentu anda sudah mempunyai pengetahuan tentang bisnis tersebut karena itu merupakan hobi anda. Sebagai contoh, anda suka dengan dunia menulis, baik menulis dikertas maupun menulis diblog. Nah, dengan demikian anda dapat membuka bisnis usaha jasa penulis artikel. Mudah dan tentunya tidak perlu modal besar.

2. Siapkan modal
Modal merupakan salah satu kunci utama dalam membangun sebuah bisnis. Namun seperti yang saya sebutkan diatas bahwa modal tidak harus besar atau kecil. Bicara tentang modal tentu bicara tentang bisnis itu sendiri. Intinya bisnis seperti apa yang akan anda bangun, dengan demikian anda dapat memprediksi berapa modal yang dibutuhkan.

3. Pilih lokasi yang cocok
Dalam memilih lokasi memang susah susah gampang. Karena dalam bisnis tentunya diharuskan memilih lokasi yang strategis dan bagus. Dengan demikian anda diharuskan mengeluarkan modal untuk membeli maupun menyewa tempat bisnis tersebut. Namun dalam memilih tempat yang strategis tersebut anda juga harus melihat usaha atau bisnis yang anda jalankan. Seperti contoh, anda ingin membuat usaha peternakan, tentu lokasinya akan kurang cocok apabila di pinggir jalan raya. Namun jika anda ingin membuka usaha jasa maupun perdagangan, tentu pinggir jalan raya dan dekat tempat-tempat keramaian merupakan lokasi yang cocok.

4. Menentukan harga jual
Dengan menentukan harga jual maka kedepannya anda dapat menghitung kerugian dan keuntungan dari bisnis yang anda jalankan. Anda harus pintar-pintar dalam menentukan harga produk atau jasa yang anda berikan. Jangan sampai terlalu mahal ataupun terlalu murah. Untuk menentukan harga jual ini ada banyak cara, salah satu cara paling gampang yakni dengan mensurvei terlebih dulu berapa harga yang diberikan oleh para pesaing bisnis anda. Cara lainnya yang lebih penting yakni dengan menghitung lebih rinci berapa modal yang anda keluarkan untuk setiap produk yang anda jual.

5. Stop Dreaming Start Action
Bermimpi membangun bisnis memang penting, karena dengan mimpi tersebut anda akan semakin semangat dalam membangun bisnis. Namun jangan melupakan kalimat “stop dreaming start action”. Apabila anda hanya bermimpi maka percayalah mimpi itu akan pudar dengan sendirinya jika tidak ada action untuk memulainya. Maka dari itu, setelah anda memikirkan beberapa point tips diatas segeralah untuk bertindak.

6. Promosikan bisnis anda
Apapun bisnis anda, pastikan mempromosikannya agar bisnis anda dapat berkembang. Anda dapat menggunakan banyak cara untuk berpromosi, contohnya yakni dengan membuat brosur, memasang iklan banner di pinggir jalan, ataupun mempromosikan secara online. Namun sebelum promosi pastikan produk atau jasa anda memang benar-benar pantas untuk calon konsumen anda.

7. Buatlah sistem bisnis yang bagus
Tentu anda tidak akan bisa menjalankan bisnis besar dengan sendirian. Anda harus bekerjasama dengan orang-orang yang mempunyai kompetensi atau keahlian dalam bisnis anda. Contohnya yakni seperti juru memasak, kasir, pembukuan, dan lain sebagainya.

8. Pembukuan keuangan
Dalam bisnis pastikan anda membuat pembukuan keuangan agar semua yang berkaitan dengan uang seperti keuntungan atau kerugian dapat dihitung dengan jelas. Selain itu dengan pembukuan juga dapat menghindari tercampurnya keuangan bisnis dengan kuangan pribadi.

Mungkin hanya 8 tips cara memulai bisnis diatas yang dapat saya berikan. Sebenarnya masih banyak lagi tips tentang memulai sebuah bisnis. Namun akan sangat panjang sekali apabila dibahas sebelum mengetahui bisnis apa yang akan anda kembangkan. Jadi sebaiknya tentukan bisnis yang akan anda lakukan, setelah itu cari tips-tips apa saja yang harus anda lakukan agar bisnis dapat berjalan lancar. Sekian informasi dari saya kali ini, semoga bermanfaat.

Tips Cara Memulai Bisnis Yang Baik Terbaru 2016 | fika | 4.5
/* */